Jumat, 15 Juli 2011

KURUN-KURUN ULAMA

As-Salaf
adalah : Para Ulama yang hidup pada abad ke 3 H. terdiri dari para Shohabat, Tabiin, Tabiit-Tabiin. Kurun ini merupakan kurun terbaik sesudah Rosululloh Saw.

Kholaf
adalah : Para Ulama yang hidup setelah abad ke 3 H.

Al-Mutaqoddimin
Istilah ini identik dengan Al-Ashab. Yang dimaksud adalah para ulama yang hidup pada pada abad ke 4 H. Ketika disebut Al-Mutaqoddimin pada umumnya yang dimaksud adalah para ulama yang mempunyai kemampuan menggali hukum melalui kaidah-kaidah dan nash Al-Mujtahid seperti Imam Al-Ghozali dan Al-Qoffal, namun ada juga Ashab yang melakukan ijitihad tanpa melalui kaidah nash Mujtahid seperti Imam Al-Muzani dan Ibnu Tsaur. Untuk pendapat tersebut tidak dianggap sebagai wajhun minal wujuh (versi pendapat yang digali dari imam mazhab)

Al-Mutaakhirin
adalah : Para ulama yang hidup sesudah abad 4 H.

Al-Ashhab
Merupakan lafadz jama' yang mempunyai arti mufrod. Menurut bahasa memberi pengertian sahabat karib, sedangkan menurut istilah : adalah para ulama yang mengikuti pendapatnya imam Mujtahid serta mengakui dan meyakini terhadap pendapatnya imam Mujtahid sebagai hukum yang mempunyai otoritas penuh. Disebut ashhab karena diantara mereka mempunyai persamaan pendapat serta ada ikatan batin yang erat (Tsamrotul Hajiniyah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Designed By Blogs Gone Wild!